Saturday 11 April 2015

Pemahaman akan Teknologi Informasi

Posted by IT Tech On 02:43 No comments
Pada postingan sebelumnya kita telah membahas apa itu Teknologi Informasi (Information technology atau IT, dalam bahasa Inggris) Baca selengkapnya disini. Kali ini kita akan membahas mengapa perlu memahami hal ini. Secara umum Teknologi Informasi adalah segala sesuatu yang membantu atau apa yang dilakukan manusia dalam hal membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, menyebarkan, menerima dan mengirim sebuah Informasi.

Pemahaman akan Teknologi Informasi sangat perlu kita perhatikan, mengapa?, di jaman yang serba seperti sekarang ini sebuah teknologi sudah tidak asing digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa atau kita sadari, dalam kehidupan kita setiap harinya, kita tidak luput dari teknologi, sepertihalnya yang biasa kita gunakan adalah Telepon Genggam atau Hanphone, Komputer, Radio,dan media lainnya. Handphone adalah perangkat yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi, kita dapat menerima atau memberikan informasi dengan teknologi ini. Pemahaman akan hal ini menjadi perlu ketika kita dihadapkan dengan sebuah keadaan yang menuntut kita ikut menggunakan Teknologi Informasi. Kita harus mengetahui mengapa, apa dan untuk apa kita menggunakan teknologi informasi yang ada, tentunya anda sendiri yang mengetahui jawaban dari semua itu. Gunakan teknologi yang ada disekitar anda, manfaatkan dengan sebaik-baiknya dan yang terpenting adalah Jadilah orang yang bijak dalam menggunakan sebuah teknologi.

Perkembangan Teknologi Informasi memang tidak diragukan lagi sekarang. Perkembangannya sudah sangan pesat pada era ini. Dahulu, teknologi informasi hanya digunakan oleh orang-orang tertentu saja, tetapi pada jaman modern ini, setiap insan manusia sudah dapat merasakan perkembangannya. Sekarang sebuah data atau informasi dari pengirim, telah bisa diterma dalam watu yang singkat oleh siapapun, ini membuktikan bahwa teknologi informasi yang ada sekarang telah berkembang sangat drastis. Bayangkan jika dijaman serba modern ini kita memberika sebuah informasi kepada sanak saudara kita yang berada jauh, kita masih menggunakan media tulis(surat), informasi yang harusnya diterima esok hari akan memakan waktu yang lebih lama untuk bisa diterima, bahkan mungkin satu minggu baru bisa diterima. Hal ini tidak efektif, terkadang penggunaan sebuah teknilogi dalam situasi seperti itu menjadi perlu. 

Jika dilihat saat sekarang ini, perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang, perkembangannya juga tidak kalah dengan negara lainnya, saya yakin indonesia turut menyesuaikan dan mengikuti perkembangan ini. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya.

Tetapi pada kenyataannya Indonesia sebagai negara berkembang, dimana ketersediaan infrastruktur komunikasi yang masih minim mengakibatkan kesempatan setiap orang untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan menjadi terbatas. Ketersediaan infrastruktur ini sangat terasa di daerah-daerah yang proses memperoleh informasinya masih terbatas. Hal ini dikarenakan di Indonesia penyebaran teknologi informasi dan komunikasi belum merata, sekarang ini hanya di kota-kota besar sajalah yang sudah dengan mudah menikmati dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Dengan demikian perkembangan pendidikan pun menjadi terhambat dan juga tidak merata.



Sebagian Informasi diambil dari : Wikipedia

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang bermanfaat layaknya orang Bijak.
Dont Spam.