Saturday 18 April 2015

Komponen Sistem Informasi

Posted by IT Tech On 01:00 No comments
Sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebut blok / bangunan, yang terdiri dari Hardware, Software, Prosedur, Manusia, Basis data, Jaringan dan Komunikasi data. Semua komponen tersebut saling berinteraksi satu dengan yang lain membentuk suatu kesatuan untuk mencapai sasaran.

Hardware

Hardware mencakup perangkat / piranti-piranti fisik seperti Printer, Komputer dan alat pendukung lainnya. Dalam peranan pada Sistem Informasi, Hardware adalah semua peralatan yang digunakan dalam memproses atau mengakses informasi, Seperti komputer dan periferalnya, printer, lembar kertas, disk magnetic atau optik dan flash disk.

Software (Perangkat Lunak / Program Aplikasi)

Sofware adalah sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data sesuai intruksi yang diberikan. Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan memanipulasi data yang di inputkan oleh Brainware yang kemudian intruksi tersebut dikerjakan oleh hardware untuk menciptakan suatu informasi.

Brainware (Manusia)

Brainware adalah manusia yang mengendalikan dan berperan sebagai pemberi intruksi kepada software. Brainware dapat desebut juga sebagai Operator karena tugasnya sebagai pengendali. Dalam hal ini manusia berperan penting sebagai orang yang menggunakan informasi yang dihasilkan sistem informasi, misalnya pelanggan, pemasok, teknisi, mahasiswa, dosen dan orang-orang yang berkepentingan.

Jaringan dan Komunikasi

Adalah Sistem penghubung yang memungkinkan perangkat keras (Hardware) berkomunikasi (Terhubung, satu dengan yang lainnya) dengan sumber informasi (resources) atau database, dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai. Jaringan tidak lepas dari sebuah akses data / Internet.


Sumber:
Forum Google : http://www.google.co.id/tanya/thread?tid=73284f1706b80b79

Fairus (2014). "". Tersedia Online di : https://fairuzelsaid.wordpress.com/2014/10/13/komponen-sistem-informasi/ - diakses 18 April 2015 : 13.30 WIB

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang bermanfaat layaknya orang Bijak.
Dont Spam.