Sunday 19 April 2015

Sistem Komputer

Posted by IT Tech On 07:50 No comments
Sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer seperti hardware, software, brainware yang saling berhubungan atau terintegrasi dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.

Perangkat komputer harus bisa difungsikan secara komperehensif dalam melaksanakan tugasnya yaitu dalam mengolah data atau informasi. Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data agar menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan system komputer yang elemennya terdiri dari hardware, software, dan brainware. Ketiga elemen system komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan yang saling mendukung untuk bekerja sama. Hardware tidak akan berfungsi dengan baik jika tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia sebagai braiware yang mengoperasikannya dan mengendalikan komputer.
Komponen Komputer

Hardware

Hardware merupakan perangkat-perangkat keras yang tersusun menjadi satu sehingga sebuah komputer layak dikatakan sebagai komputer. Perangkat keras ini meliputi juga piranti Input,Pemrosesan dan Output. Piranti Input seperti Keyboard, mouse, scanner, touchpad, audio input, barcode reader dll. Perangkat keras pemrosesan seperti : CPU, Memory Utama,unit sistem dll. Piranti Output seperti Monitor Crt, lcd, led, printer, speaker, faximail dll. Pada umumnya komputer terdiri dari Cpu, Monitor, Mouse, Keyboar dan Speaker.

Software

Software merupakan perangkat lunak atau aplikasi yang di dalamnya terdiri dari berbagai macam intruksi - intruksi / perintah, intruksi ini diberikan kepada hardware untuk diproses. Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah, menghitung dan memanipulasi data yang di inputkan oleh Brainware yang kemudian intruksi tersebut dikerjakan oleh hardware.

Brainware

Brainware adalah manusia yang menggunakan atau mengendalikan sebuah komputer, seperti yang dikatakan diatas, tanpa ada brainware sebagai orang yang mengoprasikan komputer, komputer tidak akan berfungsi dengan baik dan bermanfaat. Pada kesimpulannya manusia adalah faktor utama dalam pengoprasian sebuah sistem komputer.



Sumber:
Sebagian dikutip dari situs sumber.
Kunjungi Situs Sumber Di Sini

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang bermanfaat layaknya orang Bijak.
Dont Spam.