Tuesday 7 April 2015

Teknologi Informasi

Posted by IT Tech On 09:43 No comments
Dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology atau IT, secara umum apa pun yang membantu manusia dalam hal membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan atau menyebarkan informasi disebut Teknologi Informasi.

Dalam Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2 mendefinisikan teknologi informasi adalah "hardware dan software, dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha."

Menurut Haag dan Keen (1996), "Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu manusia bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi."

Teknologi informasi bisa diartikan sebagai teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

Dari keterangan diatas, teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, tetapi juga termasuk teknologi telekomunikasi, dengan kata lain bahwa teknologi informasi merupakan hasil konvergensi antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

Teknologi Komputer, tidak lepas hubungannya dengan komputer dan perangkat-perangkatnya seperti Printer, Sidik Jari Reader dll. Komputer adalah teknologi yang serbaguna yang dapat digunakan untuk mengolah data sehingga menjadi informasi yang berguna dan dibutuhkan, tidak mustahil hal ini terjadi karena komputer bisa dikendalikan oleh sebuah perangkat lunak atau software yang memiliki sederetan intruksi dan perintah. Komputer akan melakukan apa saja yang diintruksikan oleh software kepadanya, lalu diproses dan hasil akhirnya adalah sebuah output yang berisi informasi kepada pengguna.

Teknologi komunikasi atau telekomunikasi merupakan teknologi komunikasi jarak jauh. contohnya pesawat telepon, hadphone,TV, radio, wirelles, hand-talky(HT) dsb. Seiring perkembangan jaman, saat ini teknologi telekomunikasi tersebut telah dapat digunakan untuk menghubungkan sejumlah komputer. Sehingga beberapa komputer dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mudah,(makna dari kata “konvergensi”).

Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi adalah sebuah alat atau perangkat tertentu yang bisa membantu manusia untuk membuat, mengolah, mengatur, bahkan menghapus data, dan digunakan dalam pekerjaan sehari-hari.


Daftar Pustaka:

Kaciak, Gufron Rajo.(2015) Pengertian dan Definisi Teknologi InformasiTersedia Online di http://dosen.gufron.com/bahankuliah/modul-4-praktek-sistem-jaringan-komputer-routing-m/40/  - diakses pada Kamis, 9 April 2015 Pukul: 20.47 WIB.

Kandunk.(2014) Pengertian Teknologi Informasi Menurut Buku,Ahli dan Bahasa. Tersedia Online di http://silontong.com/2014/06/02/pengertian-teknologi-informasi-menurut-ahli-buku-dan-bahasa/   - diakses pada Jum'at, 10 April 2015 Pukul: 22.30 WIB.

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang bermanfaat layaknya orang Bijak.
Dont Spam.