Sunday 19 April 2015

Profesi, Aplikasi dan Sistem

Posted by IT Tech On 08:32 No comments
Dalam dunia IT, kita mengenal  istilah seperti System Analis, Programer, Operator, dan Teknisi. Itu semua adalah profesi, Namun tahukah anda apa pengertian dan fungsi dari itu semua? Baiklah mari kita kupas.

System Analis

Suatu sistem yang dirancang oleh satu orang atau sekelompok orang yang membentuk tim. Orang yang merancang sistem ini disebut Sistem Analis. Dapat juga dikatakan seorang yg bertanggung jawab menterjemahkan kebutuhan kebutuhan sipemakai sistem (user) kedalam spesifikasi teknik yg diperlukan oleh programmer dan diawasi oleh manajemen.

Fungsi:
  1. Mengidentifikasikan masalah - masalah dari pemakai / user 
  2. Menyatakan secara spesifik sasaran yg harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan user 
  3. Memilih alternatif - alternatif metode pemecahan masalah 
  4. Merencanakan dan menerapkan rancangan sistemnya sesuai dgn permintaan user

Programer

Programmer adalah seseorang yang tugasnya menyusun program aplikasi dan dokumen teknisinya. Kebalikannya operator, programmer tidak boleh menyentuh sistem produksi selain ketika memasang programnya di sistem produksi setelah dinyatakan lulus semua evaluasi.

     Untuk melakukan tugasnya, programmer selain harus menguasai keterampilan menggunakan bahasa komputer yang diperlukan, juga harus memiliki latar belakang logika matematis yang kuat di samping mengetahuan IT cukup memadai. Serendah-rendahnya program, didalamnya telah mengandung bagian dari proses bisnis yang mencakup sejumlah pengambilan keputusan.

1. Programer Aplikasi

Programer Aplikasi adalah profesi seseorang yang tugasnya menyusun sebuah program Aplikasi, Khusus aplikasi, jadi tugasnya hanyalah membuat aplikasi yang akan dijalankan pada sistem operasi tanpa memikirkan bagaimana cara sistem operasi menjalankannya.

2. Programer Sistem

Programer Sistem adalah sebuah pekerjaan seseorang untuk merancang dan membuat sebuah System Operasi, tugas programer ini bisa dikatakan rumit, karena sang selain membuat System Operasi, sang programer juga perlu mimikirkan cara, bagaimana nantinnya system operasi dapat berjalan pada hardware dan aplikasi yang dibuat oleh Programer Aplikasi dapat berjalan diatas System Operasi yang ia buat.

Operator

Operator merupakan manusia yang tugasnya mengoperasikan, menghidupkan hardware, menjalankan software, berinteraksi dengan hardware dan software yang sedang beroprasi, dan menyudahi operasi (menghentikan software dan mematikan hardware). Operator tidak perlu memiliki latar belakang pendidikan IT, selain pelatihan sesuai tugasnya. 

Dalam melaksanakan tugasnya, tentu memerlukan otoritas yang cukup tinggi karena harus bisa menghidupkan dan mematikan sistem. Mereka memiliki akses penuh atas console sistem dan aplikasi untuk sistem produksi. Oleh karena itu operator harus bekerja di ruang khusus yang tidak boleh dimasuki oleh siapa saja selain yang diijinkan oleh pimpinan operasi. 

Teknisi

Teknisi adalah profesi seseorang yang tugasnya memperbaiki dan memelihara komputer dan server . Tanggung jawab para teknisi yaitu dapat mengembangkan juga membangun atau mengkonfigurasi hardware baru, menginstal dan memperbarui paket perangkat lunak, juga menciptakan dan memelihara jaringan komputer . 




Sumber:
sebagian diamil dari beberapa sumber

Pengertian Analis dan System Analys : http://edwardaditya.blogspot.com/2010/05/pengertian-analisa-dan-analis-system.html

Pengertian Operator,Programer,Analyst dan System Programer : 
http://casaneova.blogspot.com/2012/11/pengertian-operator-programmer-analyst.html

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang bermanfaat layaknya orang Bijak.
Dont Spam.