Sunday 19 April 2015

Definisi Komputer

Posted by IT Tech On 01:49 No comments
Kata Komputer berasal dari bahasa Yunani, computare yang artinnya yaitu menghitung sehingga pengertian komputer secara bahasa adalah sebuah alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika. Saat ini komputer bisa di jumpai dimana saja mulai dari sekolah-sekolah, perkantoran, toko, dan hampir menyentuh semua lini kehidupan. Perkembangan teknologi menjadikan komputer faktor penting dalam memberikan kemudahan di kehidupan kita.

Komputer juga dapat diartikan sebagai alat yang digunakan untuk memproses data menurut prosedur yang sudah dirumuskan. Kata Komputer awal mulanya dipergunakan untuk melukiskan orang yang perkerjaannya lakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tiada alat bantu, namun makna kata ini lalu dipindahkan pada mesin itu sendiri.

Berbeda dengan komputer modern yang digunakan untuk banyak pekerjaan yg tidak terkait dengan matematika saja, melainkan sudah multifungsi, mungkin anda juga sudah merasakan kecanggihan dari komputer modern, seperti Editing Foto,video, bermain game, dan lain-lain. Tahukah anda apa pengertian komputer? berikut ini adalah pengertian menurut para ahli:

Defeinisi / Pengertian Komputer:

Menurut: Donald H. Sanderes, 1985
Sanderes berpendapat, komputer adalah sistem elektronik yang memiliki kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (OS/Operating System) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).

Menurut: Robert H. Blissmer, 1985
Blissmer berpendapat, komputer adalah suatu alat elektronik yang memiliki kemampuan melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

Menurut: Larry Long dan Nancy Long
Menurut Larry dan Nancy, komputer adalah alat hitung elektronik yang bisa menginterpresentasikan serta melaksanakan perintah program berupa input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik lainya.

Menurut: Elias M. Awad
Awad mengungkapkan, komputer ialah sebuah alat hitung yang dapat memproses data agar dapat disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.

Menurut: William M. Fuori
Fauri berpendapat, komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Menurut: Williams, Sawyer
Sedangkan menurut Williams dan Sawyer, komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunak

Komputer Secara bendawi adalah sebuah alat eletronik yang mampu untuk melaksanakan pengolahan berbagai macam informasi seperti teks, suara ataupun gambar yang menghasilkan output yang kita mau. 

Pengertian lainnya adalah mesin berhitung eletronik yang dapat diprogram. Secara umum pengertian komputer secara umum adalah peralatan eletronika yang menerima masukan data, mengolah data dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi baik berupa gambar, teks, suara maupun video.

Kesimpulan

Komputer adalah sebuah alat elektronik Multifungsi, yang dapat melakukan perhitungan aritmatika, penginputan, pemprosesan, penyimpanan dan menghasilkan output data dalam bentuk data digital dalam waktu yang bersamaan.



Dapus:

Achmad (-). "Pengertian Komputer Menurut Ahli".
Tersedia Online di: http://www.likethisya.com/pengertian-komputer.html

Anonim (2014). "Pengertian Komputer,Sejarah Dan Manfaat Komputer ".
Tersedia Online di : http://www.apapengertianahli.com/2014/09/pengertian-komputer-sejarah-dan-manfaat-komputer.html#_

Molle Eric Julian (2014). "Pengertian Komputer Secara Umum dan Khusus".
Tersedia Online di: http://www.gubuginformasi.com/2014/02/pengertian-komputer-secara-umum.html

diakses 19 April 2015 : 09.00 WIB

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang bermanfaat layaknya orang Bijak.
Dont Spam.