Sunday 19 April 2015

Data dan Informasi

Posted by IT Tech On 01:19 No comments
Dalam dunia sistem informasi, kita mengenal data dan informasi. Apakah perbedaan dari kedua istilah tersebut? Data mempunyai lingkup lebih detail dan bersifat teknis, sedangkan informasi menganalisa banyak sekali datang menghasilkan penjelasan yang dapat dipakai untuk mengambil keputusan.

Setiap sistem informasi diawali dengan Data dan diakhiri dengan Informasi.

Data

Adalah Fakta yang tercatat secara sempurna atau yang akan selesai pencatatannya pada masa datang menyangkut peristiwa-peristiwa tertentu. Fakta-fakta ini didapatkan dari kenyataan aslinnya. Data juga didefinisikan sebagai masukan atau bahan mentah bagi informasi.

Dengan kata lain, data adalah kumpulan fakta dan hasil observasi yang sudah dihimpun dari komunitas statistik tertentu dan sudah selesai pemasukannya ke dalam komputer untuk diolah dan dikeluarkan hasilnya sebagai sebuah Informasi. Contoh-contoh data adalah: nama, usia, pekerjaan, tingkat pendidikan, pendapatan rata-rata, dan lain-lain.

Informasi

Informasi adalah sebuah hasil dari pengolahan data yang diolah oleh komputer. Dengan kata lain, informasi adalah kumpulan data yang sudah dihimpun dan diolah, sehingga siap-pakai atau bermanfaat bagi pencarinya atau penggunanya. Dengan demikian, Informasi dapat dihasilkan karena sebelumnnya ada sebuah Data yang telah diolah, Muncullah informasi.



Dapus:

Abiderry (-). "Perbedaan antara Data dengan Informasi". 
Tersedia Online di :https://abiderry.wordpress.com/perbedaan-antara-data-dengan-informasi/

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang bermanfaat layaknya orang Bijak.
Dont Spam.